A.
Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari
perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin
dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi
informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di
bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit.
Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan
matematika yang kuat sejak dini.
Matematika merupakan sarana komunikasi sains
tentang pola-pola yang berguna untuk melatih berfikir logis, kritis, kreatif
dan inovatif. Oleh karena itu hampir semua negara menempatkan Matematika
sebagai salah satu mata pelajaran yang penting bagi pencapaian kemajuan negara
bersangkutan. Di samping itu mata pelajaran Matematika membekali peserta didik
kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat
memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk
bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam
pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal,
masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara
penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu
dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika,
menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika
hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan
masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai
konsep matematika.
Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran,
sekolah diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti
komputer, alat peraga, atau media lainnya. Selain itu, perlu ada pembahasan
mengenai bagaimana matematika diterapkan dalam teknologi informasi sebagai
perluasan pengetahuan peserta didik.
Penguasaan mata pelajaran Matematika bagi peserta
didik SMK/MAK juga berfungsi membentuk kompetensi program keahlian. Dengan mengajarkan Matematika
diharapkan peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan
mengembangkan diri di bidang keahlian dan pendidikan pada tingkat yang lebih
tinggi.
B. Tujuan
Mata pelajaran Matematika bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep Matematika,
menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma,
secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2. Menggunakan penalaran
pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika
3. Memecahkan masalah
yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,
menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4. Mengkomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah
5. Menghargai kegunaan
matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan
minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah
6. Menalar secara logis
dan kritis serta mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah dan
mengkomunikasikan ide. Di samping itu memberi kemampuan untuk menerapkan
Matematika pada setiap program keahlian.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran
Matematika meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Operasi
bilangan
2. Persamaan, pertidaksamaan,
dan matriks
3. Logika
matematika
4. Barisan dan deret
5. Geometri dimensi dua
6. Teori peluang
7.
Statistika
8.
Matematika keuangan
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memecahkan masalah
berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil
|
1. 1
Menerapkan operasi pada bilangan riil
1. 2
Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat
1. 3
Menerapkan operasi pada bilangan irasional
1. 4
Menerapkan konsep logaritma
|
2. Memecahkan masalah
berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
|
2. 1
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan linier
2. 2
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat
2. 3
Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat
|
3. Memecahkan masalah
berkaitan dengan konsep matriks
|
3. 1
Mendeskripsikan macam-macam matriks
3. 2
Menyelesaikan operasi matriks
3. 3
Menentukan determinan dan invers
|
4. Menyelesaikan
masalah program linier
|
4. 1
Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem
pertidaksamaan linier
4. 2
Menentukan model matematika dari
soal ceritera (kalimat verbal)
4. 3
Menentukan nilai optimum dari
sistem pertidaksamaan linier
4. 4
Menerapkan garis selidik
|
5. Menerapkan
logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan
majemuk dan pernyataan berkuantor
|
5. 1
Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka)
5. 2
Mendeskripsikan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi
dan ingkarannya
5. 3
Mendeskripsikan invers, konvers dan kontraposisi
5. 4
Menerapkan modus ponens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam
menarik kesimpulan
|
6. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi
kuadrat
|
6. 1
Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi
6. 2
Menerapkan konsep fungsi linier
6. 3
Menggambarkan fungsi kuadrat
6. 4 Menerapkan konsep fungsi kuadrat
|
7. Menerapkan
konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
|
7. 1
Mengidentifikasi pola, barisan, dan deret bilangan
7. 2
Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika
7. 3
Menerapkan konsep barisan dan deret geometri
|
8. Menentukan
kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang
dalam ruang dimensi dua
|
8. 1 Mengidentifikasi sudut
8. 2 Menentukan keliling bangun datar dan luas
daerah bangun datar
8. 3 Menerapkan
transformasi bangun datar
|
9.
Memecahkan masalah dengan konsep
teori peluang
|
9. 1 Mendeskripsikan kaidah pencacahan,
permutasi, dan kombinasi
9. 2 Menghitung peluang suatu
kejadian
|
10. Menerapkan
aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah
|
10. 1 Mengidentifikasi pengertian statistik, statistika, populasi, dan sampel
10. 2 Menyajikan
data dalam bentuk tabel dan diagram
10. 3 Menentukan
ukuran pemusatan data
10. 4 Menentukan ukuran penyebaran data
|
11. Memecahkan
masalah keuangan menggunakan konsep matematika
|
11. 1 Menyelesaikan masalah bunga tunggal dan bunga majemuk
dalam keuangan
11. 2 Menyelesaikan
masalah rente dalam keuangan
11. 3 Menyelesaikan
masalah anuitas dalam sistem pinjaman
11. 4 Menyelesaikan masalah penyusutan nilai
barang
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi
arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar yang sopan