Usaha

 photo cooltext934587768.png
Home » » Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Kelompok Teknologi, Kesehatan dan Pertanian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Kelompok Teknologi, Kesehatan dan Pertanian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

A.    Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Matematika merupakan sarana komunikasi sains tentang pola-pola yang berguna untuk melatih berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif. Oleh karena itu hampir semua negara menempatkan Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang penting bagi pencapaian kemajuan negara bersangkutan. Mata pelajaran Matematika perlu diberikan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika.
Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya. Selain itu, perlu ada pembahasan mengenai bagaimana matematika banyak diterapkan dalam teknologi informasi sebagai perluasan pengetahuan peserta didik.
Penguasaan mata pelajaran Matematika memudahkan peserta didik untuk melatih berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif dan inovatif yang difungsikan untuk mendukung pembentukan kompetensi program keahlian. Dengan mengajarkan Matematika diharapkan peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mengembangkan diri di bidang keahlian dan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi.

B.     Tujuan
Mata pelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami konsep Matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2.      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3.      Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.      Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
5.      Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
6.      Menalar secara logis dan kritis serta mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah dan mengkomunikasikan ide. Di samping itu memberi kemampuan untuk menerapkan Matematika pada setiap program keahlian.

C.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Matematika meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Operasi bilangan dan aproksimasi
2.      Persamaan, pertidaksamaan, dan matriks
3.      Logika matematika dan trigonometri
4.      Fungsi, barisan, dan deret
5.      Geometri dimensi dua dan dimensi tiga
6.      Vektor
7.      Statistika
8.      Kalkulus

D.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.   Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil
1. 1          Menerapkan operasi pada bilangan riil
1. 2          Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat
1. 3          Menerapkan operasi pada bilangan irasional
1. 4          Menerapkan konsep logaritma

2.   Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan
2. 1          Menerapkan konsep kesalahan pengukuran
2. 2          Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran

3.   Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
3. 1          Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
3. 2          Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
3. 3          Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
3. 4          Menyelesaikan sistem persamaan

4.   Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks
4. 1          Mendeskripsikan macam-macam matriks
4. 2          Menyelesaikan operasi matriks
4. 3          Menentukan determinan dan invers

5.   Menyelesaikan masalah program linier
5. 1          Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier
5. 2          Menentukan model matematika dari soal ceritera (kalimat verbal)
5. 3          Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier
5. 4          Menerapkan garis selidik

6.   Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
6. 1          Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka)
6. 2          Mendeskripsikan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya
6. 3          Mendeskripsikan invers, konvers dan kontraposisi
6. 4          Menerapkan modus ponens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan

7.   Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
7. 1          Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut.
7. 2          Mengkonversi koordinat kartesius dan koordinat kutub
7. 3          Menerapkan aturan sinus dan kosinus
7. 4          Menentukan luas suatu segitiga
7. 5          Menerapkan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut
7. 6          Menyelesaikan persamaan trigonometri

8.   Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat
8. 1          Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi
8. 2          Menerapkan konsep fungsi linier
8. 3          Menggambarkan fungsi kuadrat
8. 4          Menerapkan konsep fungsi kuadrat
8. 5          Menerapkan konsep fungsi eksponen
8. 6          Menerapkan konsep fungsi logaritma
8. 7          Menerapkan konsep fungsi trigonometri

9.   Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
9. 1          Mengidentifikasi pola, barisan, dan deret bilangan
9. 2          Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika
9. 3          Menerapkan konsep barisan dan deret geometri

10.     Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi dua
10. 1      Mengidentifikasi sudut
10. 2      Menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar
10. 3      Menerapkan transformasi bangun datar

11.     Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
11. 1      Mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya
11. 2      Menghitung luas permukaan
11. 3      Menerapkan konsep volume bangun ruang
11. 4      Menentukan hubungan antarunsur-unsur dalam bangun ruang

12.     Menerapkan konsep vektor dalam pemecahan masalah
12. 1      Menerapkan konsep vektor pada bidang datar
12. 2      Menerapkan konsep vektor pada bangun ruang

13.     Memecahkan masalah dengan konsep teori peluang
13. 1      Mendeskripsikan kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi
13. 2      Menghitung peluang suatu kejadian

14.     Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah
14. 1      Mengidentifikasi pengertian statistik, statistika, populasi, dan sampel
14. 2      Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram
14. 3      Menentukan ukuran pemusatan data
14. 4      Menentukan ukuran penyebaran data

15.     Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah
15. 1      Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran
15. 2      Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan parabola
15. 3      Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan elips
15. 4      Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan hiperbola

16.  Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah
16. 1   Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di tak hingga
16. 2   Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
16. 3  Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
16. 4  Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
16. 5  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya

17.  Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
17. 1  Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
17. 2  Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana
17. 3  Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar


E.     Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Share this games :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang sopan