A.
Latar Belakang
Teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat, dipicu oleh temuan
dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap
berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia banyak bergantung
pada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran KKPI dimaksudkan untuk
mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan
tersebut.
Mata pelajaran KKPI perlu diperkenalkan,
dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki
bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global. Untuk menghadapinya diperlukan kemampuan dan
kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi
informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara
cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi
informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar
yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungannya dan
dunia kerja.
Mata pelajaran KKPI membekali peserta didik untuk
beradaptasi dengan dunia kerja dan perkembangan dunia, juga pendidikan pada
jenjang yang lebih tinggi. Mata pelajaran KKPI diajarkan untuk mendukung
pembentukan kompetensi program keahlian serta memudahkan peserta didik
mendapatkan pekerjaan yang berskala nasional maupun internasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran KKPI bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Menggunakan teknologi komputer dalam kehidupan
sehari-hari
2.
Mengaplikasikan komputer sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran KKPI
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Personal Computer (PC) stand
alone
2.
Sistem operasi software
3.
Data aplikasi
4.
Personal Computer (PC) dalam jaringan
5.
Pemanfaatan Web-design.
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mengoperasikan
PC stand alone
|
2. 1
Mengoperasikan operasi berbasis teks
2.
2
Mengoperasikan operasi berbasis Graphic
User Interface (GUI)
|
2.
Mengoperasikan sistem operasi software
|
2. 1
Menginstal sistem operasi dan software
2. 2
Mengoperasikan software pengolah kata
2. 3
Mengoperasikan software spreadsheet
2. 4
Mengoperasikan software presentasi
2.
5
Mengoperasikan software aplikasi
basis data
|
3.
Mengolah data aplikasi
|
3. 1
Melakukan entry data aplikasi dengan keyboard
3. 2
Melakukan update data dengan utilitas aplikasi
3. 3
Melakukan delete data dengan utilitas aplikasi
3. 4
Melakukan entry data dengan image
scanner
3. 5
Melakukan entry data dengan OCR (Optical Character Recognition)
|
4.
Mengoperasikan PC dalam jaringan
|
4.
1
Menginstal software jaringan
4.
2
Mengoperasikan jaringan PC
dengan sistem operasi
|
5.
Mengoperasikan web-design
|
5. 1
Mengoperasikan web-browser
5.
2
Mengoperasikan software email client
|
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar yang sopan