A.
Latar Belakang
Peningkatan
mutu dan relevansi pendidikan pada dasarnya mencakup pengembangan aspek-aspek
moral, akhlak, budi-pekerti, pengetahuan, keterampilan, kesehatan, seni dan
budaya. Adapun pengembangan aspek-aspek tersebut, bermuara pada peningkatan dan
pengembangan kecakapan hidup, yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi
dasar untuk bertahan hidup, serta mampu menyesuaikan diri agar berhasil dalam
kehidupan bermasyarakat.
Standar kompetensi
dan kompetensi dasar mata pelajaran Kewirausahaan berfungsi sebagai acuan pengembangan
kurikulum. Pengembangan kurikulum pada dasarnya disesuaikan dengan potensi dan
karakteristik daerah masing-masing.
Mata pelajaran Kewirausahaan
bertujuan agar peserta didik dapat mengaktualisasikan diri dalam perilaku wirausaha.
Isi mata pelajaran Kewirausahaan difokuskan pada perilaku wirausaha sebagai
fenomena empiris yang terjadi di lingkungan peserta didik. Berkaitan dengan hal
tersebut, peserta didik dituntut lebih aktif untuk mempelajari
peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi di lingkungannya.
Pembelajaran kewirausahaan
dapat menghasilkan perilaku wirausaha dan jiwa kepemimpinan, yang sangat terkait
dengan cara mengelola usaha untuk membekali peserta didik agar dapat berusaha secara
mandiri.
B. Tujuan
Mata pelajaran
Kewirausahaan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Memahami dunia usaha dalam
kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakat
2.
Berwirausaha dalam bidangnya
3.
Menerapkan perilaku kerja prestatif
dalam kehidupannya
4. Mengaktualisasikan
sikap dan perilaku wirausaha.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata
pelajaran Kewirausahaan di SMK/MAK meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Sikap dan perilaku wirausaha
2.
Kepemimpinan dan perilaku
prestatif
3.
Solusi masalah
4.
Pembuatan keputusan.
D. Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku
wirausaha
|
1. 1
Mengidentifikasi sikap dan perilaku
wirausahawan
1. 2
Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif
1. 3
Merumuskan solusi masalah
1. 4
Mengembangkan semangat wirausaha
1. 5
Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi
orang lain
1. 6
Mengambil resiko usaha
1. 7
Membuat keputusan
|
2.
Menerapkan jiwa kepemimpinan
|
2. 1
Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet
2. 2
Mengelola konflik
2. 3
Membangun visi dan misi usaha
|
3.
Merencanakan usaha kecil/mikro
|
3. 1
Menganalisis peluang usaha
3. 2
Menganalisis aspek-aspek pengelolaan usaha
3.
3
Menyusun proposal usaha
|
4.
Mengelola usaha kecil/mikro
|
4. 1
Mempersiapkan pendirian usaha
4. 2
Menghitung resiko menjalankan usaha
4. 3
Menjalankan usaha kecil
4.
4
Mengevaluasi hasil usaha
|
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
TTD
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar yang sopan