A. Latar
Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
mengkaji seperangkat peristiwa,
fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang
SMK/MAK mata pelajaran IPS memuat
materi Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, dan Antropologi. Melalui mata
pelajaran IPS, peserta didik
diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan
bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Mata
pelajaran IPS dirancang untuk
mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi
sosial masyarakat. Kemampuan tersebut diperlukan untuk memasuki kehidupan masyarakat
yang dinamis.
Mata
pelajaran IPS disusun secara
sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju
kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan
tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan
mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
B. Tujuan
Mata
pelajaran IPS bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep-konsep yang
berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2. Berpikir logis dan kritis,
rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3.
Berkomitmen terhadap nilai-nilai
sosial dan kemanusiaan
4.
Berkomunikasi, bekerjasama dan
berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan
global.
C. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran IPS meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Manusia, tempat, dan lingkungan
2.
Waktu, keberlanjutan, dan perubahan
3.
Perilaku ekonomi dan kesejahteraan
4.
Sistem sosial dan budaya.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami kehidupan
sosial manusia
|
1. 1
Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
1. 2 Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
1. 3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
|
2. Memahami proses
kebangkitan nasional
|
2. 1
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan
imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
2. 2 Menguraikan proses
terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
3.
Memahami
permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan
sistem ekonomi
|
3. 1
Mengidentifikasi kebutuhan manusia
3. 2
Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang
langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
3. 3
Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu
tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
|
4.
Memahami konsep ekonomi dalam
kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan,
penawaran, keseimbangan harga, dan pasar
|
4. 1
Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan
pelaku-pelakunya
4. 2
Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi
4. 3
Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
4. 4
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
permintaan dan penawaran
4. 5
Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran
serta asumsi yang mendasarinya
4. 6
Mendeskripsikan pengertian keseimbangan dan
harga
4. 7
Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar, barang
dan jasa
|
5. Memahami struktur
sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
|
5. 1
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial
dalam fenomena kehidupan
5. 2
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial
dalam masyarakat
|
6. Mendeskripsikan kelompok
sosial dalam masyarakat multikultural
|
6. 1
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
6. 2
Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial
dalam masyarakat multikultural
6. 3
Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
7. Memahami kesamaan
dan keberagaman budaya
|
7. 1
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh
budaya asing, dan hubungan antarbudaya
7. 2
Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang
ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
7. 3
Mengidentifikasi berbagai alternatif
penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
7. 4
Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap
keberagaman budaya
|
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar yang sopan