A.
Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara
mencari tahu (inquiry) tentang alam
secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja,
tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA di sekolah menengah
diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri
sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam
menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA menekankan
pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta
didik menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA
diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik
untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri dan alam
sekitar.
Biologi sebagai
salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami
konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan
mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan
benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan
pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil
temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang
relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran
Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan
deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam
sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif
dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia
dan pengetahuan pendukung lainnya.
Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang memuat
kajian tentang bagaimana mengidentifikasi
makhluk hidup dan tidak hidup, mengembangkan bioteknologi, dan mendeskripsikan
keseimbangan lingkungan. Melalui mata pelajaran ini peserta didik diarahkan dan
dibimbing untuk menjadi calon pekerja yang mampu menerapkan kompetensinya dalam
mengelola lingkungan secara arif. Di samping itu mata pelajaran Biologi mempersiapkan
kemampuan peserta didik sehingga dapat mengembangkan program keahliannya pada tingkat
pendidikan yang lebih tinggi.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Biologi bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
- Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
- Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain.
- Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis.
- Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
- Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri
- Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan
7.
Membekali pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan
analisis terhadap lingkungan alam dan sekitarnya
8.
Menerapkan pengetahuan dan keterampilan menganalisis
lingkungan dan alam sekitar dalam kehidupan sehari-hari
9.
Mengembangkan pemahaman dan kemampuan untuk
menunjang kompetensi produktif.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Biologi
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Makhluk hidup dan tidak
hidup
2. Metabolisme dan enzim
3. Pengembangan
bioteknologi
4. Keseimbangan
lingkungan dan lingkungan organisme.
D.
Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Standard Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mengidentifikasi sel dan jaringan makhluk hidup
|
1. 1
Mengidentifikasi sel tumbuhan dan sel hewan
1. 2
Mengidentifikasi jaringan tumbuhan
1. 3
Mengidentifikasi jaringan hewan
|
2.
Mengidentifikasi morfologi dan anatomi struktur
tumbuhan dan hewan
|
2. 1
Mengidentifikasi morfologi hewan
2. 2
Mengidentifikasi morfologi tumbuhan
2. 3
Mengidentifikasi anatomi tumbuhan
2. 4
Mengidentifikasi anatomi hewan
|
3.
Mengidentifikasi metabolisme dan enzim
|
3. 1
Mendeskripsikan proses dan produk metabolisme
pada makhluk hidup (tumbuhan dan hewan)
3. 2
Mengidentifikasi enzim dan peranannya
|
4.
Mengidentifikasi mikroorganisme dan
peranannya
|
4. 1
Mengidentifikasi jamur dan khamir
4. 2
Mengidentifikasi peran jamur dan khamir
4. 3
Mengidentifikasi virus
4. 4
Mengidentifikasi peran virus
4. 5
Mengidentifikasi bakteri
4. 6
Mengidentifikasi peran bakteri
|
5.
Menerapkan konsep tumbuh kembang tumbuhan dan
hewan
|
5. 1
Menerapkan konsep tumbuh kembang tumbuhan
5. 2
Menerapkan konsep tumbuh kembang hewan
|
6.
Mengidentifikasi proses reproduksi pada tumbuhan
dan hewan,
|
6. 1
Mengidentifikasi proses reproduksi pada tumbuhan
dan pemencarannya
6. 2
Mengidentifikasi proses reproduksi pada hewan
|
7.
Mengolah limbah tumbuhan dan hewan
|
7. 1
Mengidentifikasi macam-macam limbah
7. 2
Mengolah limbah tumbuhan
7. 3
Mengolah limbah hewan
|
8.
Mendeskripsikan komponen ekosistem serta peranan
manusia dalam menjaga keseimbangan
|
8. 1
Mengidentifikasi komponen ekosistem
8. 2
Mengidentifikasi jenis polusi dan limbah pada
lingkungan kerja
8. 3
Mendeskripsikan dampak polusi lingkungan
kerja terhadap kesehatan
8. 4
Mengidentifikasi teknologi pengolahan limbah
pertanian dan hewan
|
9.
Mengidentifikasi hubungan antarkomponen dalam
ekologi
|
9. 1
Mengidentifikasi komponen lingkungan abiotik
9. 2
Mengidentifikasi komponen lingkungan biotik
9. 3
Mengidentifikasi interaksi antarkomponen
ekologi
|
10. Mengaplikasikan
peran sistematika organisme dalam kehidupan
|
10.
1 Mengklasifikasikan
jenis mikroorganisme berdasarkan ciri dan sifatnya
10. 2 Mengklasifikasikan
jenis tumbuhan berdasarkan ciri dan sifatnya
10. 3
Mengklasifikasikan jenis mikroorganisme
berdasarkan ciri dan sifatnya
|
11. Menerapkan
prinsip-prinsip genetika tanaman dan hewan
|
11.
1 Mengidentifikasi
gen dan kromosom
11.
2 Menerapkan
hukum mendel dan penyimpangannya
11.
3 Menerapkan
dasar-dasar pemuliaan tanaman
11. 4
Menerapkan dasar-dasar pemuliaan hewan
|
12. Mengidentifikasi
pengembangan bioteknologi dan dampaknya
|
12. 1 Mengidentifikasi
mikroorganisme dalam proses bioteknologi
12. 2 Mengidentifikasi
kultur jaringan dan sel
12. 3
Mengidentifikasi dampak pengembangan
bioteknologi
|
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar yang sopan