A.
Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan
intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang
keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa
diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang
lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu
mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya.
Bahasa merupakan alat berkomunikasi secara lisan dan tulis, untuk memahami dan mengungkapkan
informasi, pikiran, perasaan, serta sebagai sarana pengembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. Kemampuan berkomunikasi adalah
kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami atau menghasilkan kalimat lisan
dan tulis. Keterampilan berbahasa meliputi mendengarkan, berbicara, membaca dan
menulis yang dapat digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam
kehidupan bermasyarakat.
Mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan mata
pelajaran adaptif, yang bertujuan membekali peserta didik kemampuan
berkomunikasi bahasa Inggris dalam konteks material komunikasi yang diperlukan bagi
program keahliannya, baik yang bersifat lisan maupun tulis.
Di samping itu mata pelajaran Bahasa Inggris
membekali peserta didik kemampuan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari
sesuai dengan tuntutan global, serta membekali peserta didik untuk
mengembangkan komunikasi ke taraf yang lebih tinggi.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Menguasai
pengetahuan dan keterampilan dasar Bahasa Inggris untuk mendukung pencapaian kompetensi
program keahlian
2. Menerapkan
penguasaan kemampuan dan keterampilan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi baik
lisan maupun tertulis pada level
intermediate.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1. Dasar
komunikasi Bahasa Inggris level novice
2. Dasar komunikasi
Bahasa Inggris level elementary
3. Dasar
komunikasi Bahasa Inggris level intermediate.
D.
Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Berkomunikasi dengan
Bahasa Inggris setara Level Novice
|
1. 1
Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi
sosial untuk kepentingan kehidupan
1. 2
Menyebutkan benda-benda, orang, ciri-ciri,
waktu, hari, bulan, dan tahun
1. 3
Mendeskripsikan benda-benda, orang, ciri-ciri,
waktu, hari, bulan, dan tahun
1. 4
Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk
fungsi-fungsi dasar
1. 5
Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang
sedang terjadi
1. 6
Memahami memo dan menu sederhana, jadwal
perjalanan kendaraan umum, dan rambu-rambu lalu lintas
1. 7
Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat
sederhana berdasarkan rumus
1. 8
Menuliskan undangan sederhana
|
2. Berkomunikasi dengan
Bahasa Inggris setara Level Elementary
|
2. 1 Memahami percakapan
sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan
orang bukan penutur asli
2. 2 Mencatat
pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun melalui alat
2. 3 Merinci tugas
pekerjaan dan latar belakang pendidikan yang dimilikinya secara lisan dan
tulisan
2. 4 Menceritakan pekerjaan
di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang
2. 5 Mengungkapkan
berbagai macam maksud hati
2. 6 Memahami
instruksi-instruksi sederhana
2. 7 Membuat
pesan-pesan pendek, petunjuk dan daftar dengan pilihan kata, ejaan dan tata
tulis yang berterima
|
3. Berkomunikasi dengan
Bahasa Inggris setara Level
Intermediate
|
3. 1 Memahami
monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu
3. 2 Memahami percakapan
terbatas dengan penutur asli
3. 3 Menyajikan
laporan
3. 4 Memahami
manual penggunaan peralatan
3. 5 Memahami
surat-surat bisnis sederhana
3. 6 Memahami
dokumen-dokumen teknis
3. 7 Menulis surat bisnis dan
laporan sederhana
|
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar yang sopan