Usaha

 photo cooltext934587768.png
Home » » FATAWA SHALAT

FATAWA SHALAT


NO
PERTANYAAN
JAWABAN
JILID
BAB SHALAT
1
Apakah boleh shalat dengan memakai baju yang dicuci dengan pakaian anak-anak?
Membersihkan baju untuk shalat adalah wajib, dan dianjurkan bagi setiap muslim dan muslimah untuk membersihkan kotoran dan najis sekemampuannya. Dan tidak ada larangan untuk mencampurnya antara baju orang dewasa dengan baju anak kecil, tapi yang utama adalah menyendirikan bila tak ada kesulitan baginya.
105
2
Apakah wajib mencabut gigi palsu ketika mencuci atau berkumur-kumur, agar air itu bisa mengalir sampai bawah?
Melepasnya hukumnya fardhu
105
3
Apakah diperbolehkan wudhu dengan mengusap sepatu tanpa melepasnya?
Diperbolehkan mengusapnya. Waktunya selama 1 hari 1 malam jika muqim, sedangkang musafir selama 3 hari
106
4
Tentang bagaimana hukum seorang pegawai yang tak mampu mengerjakan sebagian shalat fardhu tepat waktu, dikarenakan takut kepada tuannya?
Shalat merupakan ibadah yang sangat penting yang disyariatkan oleh Allah swt, dan ia termasuk rukun dari rukun-rukun agama islam. Maka mengerjakannya wajib tepat waktu. Adapan seorang pegawai tadi, ia tak boleh mengqadha karena takut pada tuannya. Maka yang harus ia kerjakan adalah ia harus izin kepada tuannya agar diizinkan shalat tepat waktu,  bila tak diizinkan ia harus shalat ditempat ia kerja itu
107
5
Saya shalat isya setelah waktunya melebihi dua atau bahkan 3 jam, apakah hal ini diperbolehkan atau shalat tepat waktu lebih utama?
Bahwasannya mengakhirkan shalat isya dari awal waktunya lebih utama jika tak memberatkan bagi kaum muslimin, sabda nabi saw, "Kami menunggu nabi saw sampai malam untuk shalat isya". Hr Imam Ahmad Dan Abu Dawud.
108
6
Telah menjadi kebiasaan disebagian masjid dengan mengakhirkan iqamat shalat setelah adzan sampai kira-kira setengah jam, dan ini menjadi khilaf diantara jamaah shalat. Dan sebagian lainnya menghendaki untuk menyegerakannya dan sebagiannya lagi menghendaki untuk menunggu. Bagaimana syariat memandang hal ini?
Termasuk perbuatan sunnah adalah menjadikan antara adzan dan iqamat sesuai dengan kadar jamaah yang hadir dimasjid untuk shalat jamaah, dengan syarat tidak keluar dari waktu yang utama (tepat waktu)
109
7
Apakah sah shalatnya seorang yang menjadi makmum sedangkan ia tidak memakai kopiyah?
Para ahlu ilmi memakruhkannya, kecuali untuk lebih menundukkan dan khusuk dalam shalat.
110
8
Seseorang yang mengaku islam, akan tetapi ia sendiri tidak shalat. Apakah harus menyalaminya? Dan mengantarkan jenazahnya serta menshalatkannya?
Tidak ada ikhtila diantara kaum muslimin, bahwa orang yang meninggalkan shalat fardhu dengan sengaja merupakan dosa yang besar dan termasuk dari dosa kabair. Dan kesepakatan para ulama tentang orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja ia harus dibunuh, kecuali yang taubat. Dan tidak boleh mengantarkan jenazah serta menshalatinya, karena dia telah kafir.
111
9
Tentang was-was dalam shalat, apakah hal ini membatalkan shalat?
Was-was tidak membatalkan shalat. Karena was-was dari shaithan, maka dianjurkan bagi mushally untuk mengucapkan ta'awudh.
112
10
Banyak diantara makmum yang mana mereka banyak bergerak waktu pertengahan shalat, diantara mereka ada yang mengusap wajah, menggaruk kepala dan yang lainnya. Apakah hal ini membatalkan shalat?
Bila banyak bergerak yang tidak diperlukan sehingga tidak khusuk dalam shalat maka membatalkan shalat. Jika dalam hajat, maka tak mengapa.
113
11
Tentang membunuh kalajengking dan ular dalam shalat?
Agama islam mewajibkan untuk melindungi diri atau jiwa didepan musuhnya, baik dari hewan maupun manusia. Dan tidak diragukan lagi bahwa ular sangat membahayakan maka wajib untuk membunuhnya.
114
12
Mengarahkan pandangan dalam shalat, kearah mana saja. Dan bagaimana hukum seseorang yang menolehkan pandangan dalam shalat kearah kanan dan kiri? Dan bagaimana mengarahkan pandangan yang dibenarkan? Serta bacaan yang benar. Apakah harus menyambung pada setiap ayat atau berhenti pada setiap ayat?
Maksudnya adalah mengarahkan  pandangan kearah sujud serta tidak mengangkat pandangan kearah langit dan tidak pula menoleh kekanan dan kekiri. Adapun membaca quran yang benar adalah membaca pada setiap ayat dan berhenti.
114
13
Apa yang harus dibaca ketika shalat setelah selesai membaca fatihah, apakah harus dari surat-surat pendek ataukah sebagian surat? Dan apakah diharuskan menjaga dalam urutan ayat-ayat dan surat dalam mushaf ataukah tidak memerlukan sama sekali?
Adapun mengurutkan dalam membaca surat ketika shalat tidak wajib. Sedangkan mengurutkan ayat pada rakaat pertama adalah wajib.
115
14
Apa hikmah meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri ketika berdiri waktu shalat, dan ketika meletakkan dua tangan diatas dua paha ketika duduk?
Sebagaimana yang dijelaskan oleh para ulama, hikmahnya adalah: agar seseorang tidak banyak bergerak, lebih khusuk dalam shalat serta menjadikan hati agar terfokos dalam ibadah.
116
15
Apa hikmah pada bacaan jahriyah dalam shalat maghrib, isya dan subuh dan sirriyah dalam shalat selainnya?
Adapun hikmah pada bacaan jahriyah dan sirriyah dalam shalat adalah untuk menguatkan jati diri muslimin dan kehudhuan (khusuk) serta peringatan bagi kaum  muslimin. Sabda rasulullah saw, "Jangan kamu menjaherkan shalat siang serta jangan memelankan shalat malam. (diriwayatkan dari Ibnu Abbas).
118
16
Saya seorang pemuda yang baru melaksanakan shalat dan saya telah menyaksikan para jamaah shalat duduk setelah shalat dan berdoa disebagian masjid, mereka beristighfar kepada Allah dengan suara tinggi. Apakah perbuatan semacam ini ada riwayatnya dalam agama islam?
Asal daripada dzikir dan istighfar adalah bagian dari dasar atau pondasi agama, baik dikerjakan dirumah maupun dimasjid adalah sama saja. Begitu juga tasbih, takbir dan tahlil setiap selesai shalat. Adapun menjaherkan doa setelah shalat dimasjid yaitu menjaherkan doa dengan istighfar, bertasbih, dan takbir dalam rangka agar lebih tenang dan nyaman, khudhu dan khusuk serta tidak mengganggu para jamaah dan pembaca al quran, maka hal ini ada sunnahnya
120
17
Allah telah mewajibkan kita untuk shalat lima waktu pada tiap hari dan malamnya serta dzikir kepada Nya pada shalat wustha. Apa yang dimaksud dengan shalat wustha?
Firman Allah dalam Qs Al Baqarah: 238. yang dimaksud dalam ayat ini adalah shalat lima waktu. Adapun yang dimaksuk shalat wustha adalah shalat ashar, karena sebelumnya adalah shalat subuh dan dhuhur dan setelahnya shalat maghrib dan isya'.
121
18
Tentang bagaimana hukum shalat jamaah serta hukuman bagi yang meninggalkannya?
Sebagian, mengatakan bahwa shalat jamaah adalah sunnah, yang lainnya mengatakan wajib kifayah dan lainnya mengatakan wajib bagi yang mampu tanpa adanya udzur. Sebagian lagi berpendapat ia harus dikerjakan pada waktu takut dan juga waktu aman dan ini lebih menyakinkan. Firman Allah qs al baqarah: 43. karena perintah menunjukkan kewajiban.
124
19
Tentang sebab kenapa shaf laki-laki lebih utama pada shaf pertama sedangkan perempuan pada shaf yang terakhir (dibelakang)?
Diantara hikmahnya adalah lebih menkhusu'kan shalat bagi jamaah laki-laki karena jauh dari wanita. Sabda nabi saw, "Sebaik-baik shah lelaki adalah shaf yang pertama sedangkan wanita yang paling akhir, dan sebaik-baik shaf perempuan adalah shaf yang pertama sedangkan sejelek-jelek shaf bagi kaum wanita adalah yang pertama. Diriwayatkan oleh jamaah kecuali Bukhary Dari Abu Hurairah
124
20
Apakah sah shalat dibelakang imam yang suka minum khamer? Dan apakah sah keimamannya dalam shalat jamaah?
Tidak sah shalatnya seorang peminum khamer sengkan dia dalam keadaan mabuk. Firman Allah qs an nisa: 43. adapun jika ia bertaubat dan memperbaiki amalannya maka shalatnya sah. Sedangkan makmum yang shalat dibelakangnya shalatnya tetap sah, akan tetapi dianjurkan untuk mencari yang lebih baik darinya. Jika tidak ada penggantinya maka hendaknya tetap shalat dibelakangnya demi menjaga shalat jamaah.
126
21
Para jamaah sedang melakukan shalat, setelah satu rakaat atau dua rakaat kemudian imam menarik seorang yang masbuk untuk menyempurnakan shalat?
Jika seorang tidak mendapatkan rakaat shalat hendaknya ia shalat bersama dengan makmum lainnya. Jika ia mendapatkannya hendaknya menyempurnakan shalatnya.
127
22
Tentang shalat jumat, bagaimana hukumnya dan mulai kapan diwajibkannya?
Shalat jumat telah diwajibkan dimakkah akan tetapi belum dilaksanakan karena jumlahnya sangat sedikit kecuali ketika beliau hijrah ke Madinah. Beliau pertama kali melaksanakan shalat jumat di madinah sebelum hijrah. Waktunya ketika imam duduk untuk melakukan khutbah kemudian shalat.
129
23
Saya seorang tabib muslim yang selalu menjaga shalat lima waktu tepat waktu, dan saya bekerja di rumah sakit. Ketika hari jumat saya tidak bisa menunaikan shalat jumat karena udzur. Apakah boleh shalat jumat saya ganti dengan dzhuhur?
Shalat jumat adalah kewajiban yang ditetapkan oleh Allah kepada setiap muslim yang baligh, berakal, mukim. Firman Allah swt qs al jumah. Adapun jika dalam keadaan udzur atau kesulitan me laksanakannya maka tak mengapa.
131
24
Bagaimana hukumnya menurut syara jika dibebera masjid yang didirikan didalamnya shalat jumat yang sangat banyak dibeberapa desa yang mana jamahnya tidak memenuhi masjid?
Tidak diperbolehkan disuatu desa yang didirikan shalat jumat diberbagai masjid kecuali dalam keadaan dharurat
132
25
Kami menyaksikan banyak diantara jamaah shalat jumat ketika mereka memasuki masjid pada hari jumat. Sebagian mereka shalat dua rakaat dan sebainnya empat rakaat, dan yang lainnya shalat pada pertengahan khutbah. Apa hukum shalat tersebut?
Shalat tahiyatul masjid termasik shalat tathawu', ia berjumlah dua rakaat sebagaimana yang disabdakan nabi saw, "Jika diantara salah seorang diantara kalian memasuki  masjid jangan duduk, tapi hendaknya shalat dua rakaat. (imam bukhary dan imam muslim)
134
26
Apakah diperbolehkan seorang khatib berkhutbah dengan bahasa selain arab, sedangkan hadirin tidak paham dengannya?
Diperbolehkan khutbah dengan bahasa ajam jika jamaah tidak paham tentangnya, kecuali ayat alquran.
136
27
Tentang shalat dua hari raya serta dalil yang mensyariatkannya. Dan  hukum shalat jamaah dan pelaksanaannya jika sampai waktunya serta takbir pada hari tasriq?
Shalat 'idain disayariatkan berdasarkan sunnah pada awal hijrah. Dan shalat jamaah didalamnya adalah disyariatkan tanpa adanya hajah. Adapun takbir pada hari tasri' adalah sunnah dilaksanakan setelah shalat lima waktu.
139
28
Apa hukum seseorang yang mampu membeli binatang kurban dan menyembelihnya, akan tetapi ia tidak melaksanakannya?
Kurban termasuk sunnah-sunnah dan syiar-syiar islam yang mana pelakunya akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Jika ia mampu kemudian tak mengerjakannya maka ia termasuk orang yang bakhil dan ini termasuk akhlak yang paling jelek dan menghinakan
140
29
Tentang hukum binatang apakah dia sunnah ataukah wajib?
Berkurban disyariatkan pada tahun kedua hijrah. Dan ditetapkan berdasarkan kitab dan sunnah, qs al kautsar: 2. kurban termasuk sunnah ain bagi pribadi dan sunnah kifayah bagi ahli bait.
141
30
Tentang shalat jenazah?
Hukum menshalatkan jenazah adalah fardhu kifayah. Dan disunnahkan untuk memperbanyak jamaah. Dan disyaratkan untuk thaharah. Takbir shalat jenazah sebanyak empat kali dan satu salam. Dan disunnahkan membawanya diatas punggung dan dimakruhkan memakai kendaraan atau binatang. Dan disunnahkan pengantar berjalan kaki dibelakang jenazah.
144
31
Apakah diperbolehkan mengubur mayit tengah malam?
Boleh
146
32
Apakah diperbolehkan meletakkan bunga atau tanaman diatas kuburan?
Tidak boleh, kalau dianggap dapt memberi manfaat. Boleh jika untuk tanda.
147
33
Bagaimana shalatnya seorang musafir ketika dikendaraan?
Dia tetap shalat dalam keadaan bagaimanapun. Jika tidak dimungkinkan untuk turun dari binatang kendaraannya karena khawatir dan takut, hendaknya ia shalat dengan kemampuannya dan tidak mengulanginya
150
34
Saya seorang yang sakit, tapi saya ingin shalat dengan cara berdiri, akan tetapi jika saya berdiri khawatir sakit saya bertambah parah. Apa hukum syari tentangnya?
Jika seorang sakit tidak bisa shalat dengan berdiri maka dengan duduk
151
35
Tentang shalat qashar
Shalat qashae mulai disyariatkan pada tahun ke empat hijrah. Ia merupakan shadaqah dari Allah bagi seorang musafir. Diperbolehkan qashrar dengan jarak 80 km lebih. Begitu juga bagi yang musafir dan menetap disuatu desa selam 1 hari atau dua hari.
152
36
Bagaimana cara melaksanakan kewajiban bagi seorang yang buta dan bagaimana pula ia shalat dibelakang imam sedangkan ia tidak mendengarnya?
Jika butanya sejak dilahirkan hendaknya dididik dan diajari. Jika ia buta karena suatu musibah maka dan ia baligh dan berakal maka ia mukallaf. Dan baginya melaksanakan kewajiban sesuai dengan kemampuannya. Firman Allah swt qs al baqarah: (akhir surat) dan akhir surat taghabun).
153
37
Tentang nama peperangan yang mana kaum muslimin shalat khauf pertama kalinya dan tentang kejadiannya?
Dia adalah ghazwah dzatur riqa' yang terjadi pada tahun lima hijrah dan kaum muslimin pertama kali melakukan shalat khauf
154
38
Apakah boleh menjama' shalat ketika safar?
Boleh
154
39
Tentang menjama' antara dua shalat dikarenakan hujan atau sakit?
Boleh

155
40
Tentang apakah sah shalat seseorang yang mengkodha shalat dikarenakan sibuk dengan amalannya setelah keluarnya waktu shalat?
Tidak boleh, karena yang paling utama adalah shalat tepat waktu. Maka yang harus ia lakukan adalah shalat ditempat itu dengan tepat waktu dan tidak mengqadha. Firman Allah swt qs an nisa: 103 dan sabda nabi saw, "Bahwasannya rasulullah saw pernah ditanya oleh seseorang, ya rasulallah amalan apa yang paling utama? maka rasulullah menjawab: shalat tepat waktu. bukhari dan muslim dari ibnu masud
156
41
Apakah boleh bagi saya untuk meninggalkan shalat sunnah dan saya shalat sebagai ganti yang telah saya tinggalkan kemudian saya meninggalkan sunnah-sunnah rawatib semuanya?
Sabda rasulullah saw, "jika diantara salah seorang diantara kalian lupa dalam shalatnya atau tertidur, hendaknya ia shalat ketika ia mengingatnya. (imam muslim).maka tidak boleh meninggalkannya dengan sengaja sampai selesai waktunya dan barangsiapa yang bertaubat maka Allah akan mengampuninya.
187
42
Kapan waktu doa qunut?
Qunut secara bahasa adalah khusu'. Firman Allah qs al furqan: 70. adapun tempatnya adalah pada rakaat terakhir shalat witir, rakaat terakhir shalat subuh, rakaat terakhir setiap shalat lima waktu, dan seyogyanya tidak qunut pada waktu subuh dan selainnya melainkan turun suatu musibah dikalangan kaum muslimin.
158
43
Tentang shalat muakkadah dan yang bukan muakkadah?
Shalat muakkadah dan yang bukan muakkadah adalah 4 rakaat sebelum dzuhur, dua rakaat setelahnya, 2 rakaat setelah maghrib, 2 rakaat setelah isya', dan 2 rakaat sebelum shalat fajar.
159
44
Apa yang dimaksud dengan al istisyarah dan alistikharah serta dalilnya?
Al istisyarah adalah musyawarah ahlul khabar dan perbaikan dan kabar sebelum safar atau tentang urusan yang sangat penting. Firman Allah qs ali imran: 159, as syura: 38. berkata qatadah, "tidaklah suatu kaum bermusawarah dengan mengharapkan ridha Allah melainkan Allah akan menunjukkan jalan urusan mereka. Sedangkan istikharah adalah berikhtiyar kepada Allah sebelum melakukan safar atau setiap urusan yang menimpanya.
160
BAB ZAKAT
45
Saya seorang wanita yang memiliki lima ribu dinar, dan uang itu untuk keperluan hidup. Saya mengumpulkannya sejak kecil sampai sekarang. Apakah wajib bagi saya untuk mengeluarkan zakat sedangkan saya sangat lemat tentang ilmu?
Anda wajib mengeluarkan zakat. Firman Allah swt qs al baqarah: 268
165
46
Saya memiliki harta amanat, sedangkan saya tidak tahu alamat orang tersebut. Maka apakah wajib bagi saya untuk mengeluarkan harta tersebut?
Wajib zakat jika mencapai satu nishab. Tetapi jika barang itu amanat maka tak boleh mengeluarkannya melainkan menjaganya.
166
47
Apakah diperbolehkan mengeluarkan zakat dengan memberikannya kepada siapa yang berhak menerimanya tanpa memberi tahu bahwa itu zakat?
Tidak apa-apa
167
48
Apakah wajib menunaikan zakat yang dipakai seorang istri begitu juga seorang suami menzakati mobilnya?
Ia wajib zakat jika mencapai satu nishab baik dari mas maupun perak. Dan seorang suami tidak wajib zakat terhadap mobilnya.
168
49
Apakah seorang suami harus mengeluarkan zakat fitri terhadap istri dan anaknya yang mana mereka diluar negeri?
Ia tetap wajib untuk mengeluarkan zakat fitri. Sedangkan bagi istri dan anaknya ketika muqim
170
50
Apakah wajib bagi saya untuk mengeluarkan zakat bagi anak saya yang ada di universitas yang menuntut ilmu ataukah terhadap seorang yang fakir?
Tidak diperbolehkan zakat kepada keluarga yang masih mempunyai hubungan nasab, karena seorang bapak wajib memberikan nafkah kepadanya
171
51
Apakah diperbolehkan bagi seorang muslim mengeluarkan harta yang ia miliki setelah ia mengeluarkan zakat dan shadaqah. Dan meninggalkan anak-anaknya padahal ia memerlukannya?
Hendaknya ia memberikan nafkah kepada anak-anakanya kemudian yang paling dekat dengannya. Adapun zakat merupakan kewajiban yang Allah tetapkan untuk memenuhi hak orang fakir. Jika ia bersedekah sungguh ada keluasan baginya. Tapi ia tidak boleh mensedekahkan seluruh hartanya sehingga membiarkan keluarhanya
172
BAB PUASA
52
Apa hukum seorang lelaki yang kaya ia hendak berbuka pada bulan ramadhan dengan  sengaja tanpa udzur. Dan ia memberikan makanan kepada setiap orang miskin selama 60 hari, apakah kewajibannya telah gugur?
Kewajibannya tidak gugur walaupun ia memberikan makanan kepada orang miskin. Karena kewajiban tidak akan gugur kecuali udzur. Firman Allah qs albaqarah: 185.

175
53
Apa yang harus dilakukan seorang musafir ketika ia melihat bulan disuatu negeri tapi tidak melihatnya dinegeri yang lain? Apakah ia harus puasa ataukah tidak?
Ia harus tetap puasa dari bulan yang ia lihatnya disalah satu dari dua negeri.
177
54
Pada bulan ramadhan yang lalu saya berwudhu dengan berkumur-kumur tanpa tujuan, bagaimana yang benar berbuka ataukan puasa?
Berkumur-kumur bagian dari wudhu begitu juga memasukkan air kehidung dan hal, itu dianjurkan dan tidak membatalkan wudhu. Adapun bila air iru masuk kemulut tanpa sengaja maka tak ada dosa.
178
55
Tentang hukum memakai jarum, tetes air mata dan mencabut gigi pada waktu pusa ramadhan?
Boleh
179
56
Apakah muntah membatalkan puasa?
Bila tidak sengaja tak membatalkan puasa. Jika disengaja maka para ulama berselisih pendapat bahwasannya puasanya batal dan yang lainnya mengatakan tidak apa-apa
180
57
Apa hukum mencium istri pada puasa ramadhan? Dan bagaimana hukumnya seandainya jika saya tidur siang hari kemudian ihtilam?
Tidak apa-apa. Jika sampai liur kedalam mulut istri maka puasanya batal, tapi pada dzatnya hal itu tidak membatalkannya. Adapun ihtilam tidak membatalkan puasa.
181
58
Apakah mencicipi makanan membatalkan puasa?
Boleh dengan syarat tidak menelannya
182
59
Apa hukum seorang suami yang menggauli istrinya dengan sengaja? Dan apa hukum menikmati nadhar kepada perempuan pada puasa ramadhan?
Ia wajib kafarat secara urut. Jika yang dipandang adalah istrinya maka tidak ada dosa walaupun ia menciumnya. Jika wanita selain muhrim maka diharamkan
182
60
Apakah diperbolehkan bagi mujahid yang berperang dalam keadaan berkecamuk untuk ifthar?
Boleh
184
61
Seorang wanita telah hamil dimungkinkan ia melahirkan pada bulan ramadhan, disamping itu ia mampu berpuasa setelah ia melahirkan, maka bolehkah ia berpuasa?
Jika ia hamil pada bulan ramadhan dibolehkan baginya untuk ifthar, jika puasanya itu membahayakan dirinya dan janinnya. Jika tidak membahayakan, maka diperbolehkan untuk berpuasa.
188
62
Seorang lelaki berada disirkah yang mana ia menyediakan kopi dan teh bagi pegawai dan ia menyediakannya pada pertengahan puasa. Apakah ia mendapatkan dosa?
Selama amalannya itu untuk keperluan hajat bagi para pegawai maka tidak mengapa, karena mereka bukan muslim yang tidak dituntut untuk puasa. Jika seandainya yang makan itu orang muslim maka hal itu diharamkan karena tidak ada udzur baginya.
189
63
Apakah wajib bagi seorang untuk menghentikan makan dikarenakan waktu imsak dikumandangkan sebelum adzan fajar sekitar 10 menit. Ataukah ia diperbolehkan untuk meneruskannya sampai mendengar adzan fajar?
Hendaknya seorang muslim tetap menyantap makanan sampai ia mendengar adzan fajar. Adapun imsak sebelum adzan adalah sebagai peringatan dan kehati-hatian. Firman Allah swt qs al maidah: 2.
190
64
Tentang doa yang diucapkan oleh seorang yang berpuasa ketika berbuka?
Sabda rasulullah saw, اللهم لك صمت وعلى رزقك أفطرت . (Hr Abu Dawud)
191
65
Seorang wanita berumur 50 tahun yang mana ia telah sakit dan ia memiliki hutang puasa selama 1 bulan 6 hari. Sedangkan ia tak mampu untuk berpuasa dan tidak bisa memberikan makanan kepada fakir miskin, maka apa yang harus ia kerjakan?
Jika sakitnya itu bisa diharapkan kesembuhannya maka tidak ada dosa baginya untuk mengakhirkan qadha. Jika tidak bisa memberikan makanan kepada fakir miskin maka ia mengerjakan sesuatu yang ia mampu. Firman Allah swt qs thalak
192
66
Apakah jumlah rakaat shalat tarawih itu 8 rakaat ataukah 20 rakaat? Dan bolehkah jika lebih dari itu?
Berdasarkan kesepakatan para imam shalat malam bisa dikerjakan beberapa rakaat. Nabi saw shalat malam sebanyak 11 rakaat. Sedangkan pada zaman umar 23 rakaat
194
67
Tentang metode yang paling utama untuk menghidupkan lailatul qadar?
Lailatul qadar adalah malam yang barakah, yang mana ia lebih utama dari pada 1000 bulan. Maka yang disunnahkan adalah dzikir, doa, membaca al quran, dan bertasbis dan memperbanyak amal
195
68
Apa hukum puasa syawal setelah bulan ramadhan?
Puasa syawal termasuk sunnah tathawu'. Maka barangsiapa yang puasa syawal ia seperti puasa sepanjang masa.
196
69
Tentang puasa asy syura?
Puasa asy syura merupakan cara menghidupkan dzikir dan menyebarkan kebenaran serta menumbang yang batil. Ia suatu kewajiban  sebelum diwajibkannya puasa ramadhan. Ia dinaskh setelah diwajibkannya puasa ramadhan, kemudian ia menjadi ibadah yang disunnahkan.
197
Dinukil Dari Kitab "Al Ajwibah An Nafi'ah 'Anil Masail Al Waqi'ah", Dikarang Oleh Abdurrahman Abdul Wahhab Al Faris





  
Share this games :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang sopan