Usaha

 photo cooltext934587768.png
Home » , » Memiliki Anak Cerdas adalah Dambaan Setiap Orangtua

Memiliki Anak Cerdas adalah Dambaan Setiap Orangtua


Hanya mengharapkan tanpa mau mendukung atau mengusahakan dengan sungguh-sungguh adalah sesuatu yang sulit untuk dicapai. Seperti halnya yang terjadi pada sebagian banyak orangtua. Mereka pada umumnya hanya mengharapkan anak mereka tumbuh dengan cerdas tanpa mau mendukung dan mengusahakan supaya anak tersebut mampu meraih harapan tersebut. Hal seperti itu tentu akan sulit terealisasikan apalagi jika ditambah dengan sikap orangtua yang selalu membanding-bandingkan antara anak mereka dengan anak orang lain yang lebih baik tingkat kecerdasannya.

Sikap orangtua yang selalu membanding-bandingkan seperti di atas adalah tentu tidak bijaksana. Sikap seperti itu tidak akan mampu mebuat anak menjadi lebih kreatif dan lebih cerdas, tetapi mungkin sebaliknya justru tindakan orangtua seperti itu hanya akan membuat anak semakin tertekan, tidak percaya diri, merasa diri semakin tidak mampu, dan ia pun akan semakin tidak bersemangat untuk menunjukkan kepada orangtua dan lingkungannya bahwa ia mampu melakukan sesuatu yang lebih baik.

Membantu anak supaya menjadi seseorang yang cerdas bukan hanya dengan mengantarkannya ke sekolah yang terkenal atau memberikan makanan yang banyak dan beraneka ragam. Supaya anak dapat tumbuh menjadi orang yang cerdas maka setidaknya perlu orangtua memberikan tiga kebutuhan pokok di bawah ini kepada anak (Soedjatmiko dalam Nutrisibalitacerdas.com,2007), yaitu:

    Kebutuhan fisik-biolagis misalnya kebutuhan akan ASI, imunisasi, dan kebersihan fisik serta lingkungan.
    Kebutuhan emosi berupa kasih sayang, rasa aman, dan nyaman. Anak sangat mengharapkan dirinya dihargai, diperhatikan, didengarkan keinginan dan pendapatnya.
    Kebutuhan akan stimulasi yang mencakup aktivitas bermain untuk merangsang semua indra, mengasah motorik halus dan kasar, melatih keterampilan berkomunikasi, kemandirian berpikir, dan berkreasi.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mendukung anak supaya ia dapat tumbuh cerdas adalah selain dengan memenuhi kebutuhan jasmani (fisik) juga sangat penting memenuhi kebutuhan rohaninya. Hanya makanan dan fasilitas saja anak akan sulit mengembangkan kecerdasannya. Anak membutuhkan limpahan kasih sayang, cinta, perhatian, motivasi, dan pengertian dari kedua orangtuanya. Begitu juga sebaliknya, kasih sayang tanpa fasilitas dan makanan yang baik akan membuat anak lambat dalam mengembangkan kecerdasannya. Oleh karena itu, untuk membantu anak megembangkan kecerdasannya secara optimal maka penting bagi orangtua untuk memberikan tiga kebutuhan pokok di atas kepadanya. Dengan demikian, baik secara emosional maupun secara intelektual anak akan tumbuh lebih baik dan maksimal. Semakin anak merasa dirinya disayangi dan didukung orangtua maka akan semakin termotivasi dirinya untuk selalu menyenangkan kedua orangtuanya dengan cara memperlihatkan kemampuan, kreativitas, dan kecerdasannya
Share this games :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang sopan