Usaha

 photo cooltext934587768.png
Home » » Standar Isi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

Standar Isi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)



A.   Latar Belakang

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari bahwa peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta peningkatan potensi spiritual. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar menajdi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  dan berakhlak  mulia.  Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan  dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual  ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya  bertujuan pada  optimalisasi berbagai potensi  yang dimiliki manusia  yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:
1.      lebih menitikberatkan pencapaian kompetensi secara utuh selain penguasaan materi;
2.      mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
3.      memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya pendidikan.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak berurutan. Peran orang tua sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

B.    Tujuan

Pendidikan Agama Islam di SMK/MAK bertujuan untuk:
1.      menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2.      mewujudkan manusia Indonesia berakhlak mulia yaitu manusia yang produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), serta menjaga harmoni secara personal dan sosial.

C.   Ruang Lingkup

Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Al Qur’an dan Hadits
2.      Aqidah
3.      Akhlak
4.      Fiqih
5.      Tarikh dan peradaban Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

D.   Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an

1.         Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
1. 1    Membaca QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
1. 2    Menyebutkan arti QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
1. 3    Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5

2.         Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
2. 1    Membaca QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2. 2    Menyebutkan arti QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2. 3    Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

Aqidah

3.         Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Al Asma
3. 1       Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Al-Asma al-Husna
3. 2       Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Al-Asma al-Husna
3. 3       Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Al-Asma al-Husna

Akhlak

4.         Membiasakan perilaku terpuji
4. 1       Menyebutkan pengertian perilaku  husnudhan
4. 2       Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnudhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
4. 3       Membiasakan perilaku husnudhan dalam kehidupan sehari-hari

Fiqih

5.         Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
5. 1         Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
5. 2         Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
5. 3         Menjelaskan pengertian dan  hikmah ibadah
5. 4         Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari

Tarikh dan Peradaban Islam

6.         Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
6. 1  Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
6. 2  Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

Al Qur’an

7.         Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
7. 1         Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
7. 2         Menyebutkan arti QS Ali Imran: dan QS Asy Syura: 38
7. 3         Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran: dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari

Aqidah

8.         Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
8. 1         Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
8. 2         Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
8. 3         Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Akhlak

9.         Membiasakan perilaku terpuji




9. 1  Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, bertamu, menerima tamu, dan bepergian
9. 2  Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, bertamu, menerima tamu, dan bepergian
9. 3  Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, bertamu, menerima tamu, dan bepergian dalam kehidupan sehari-hari

10.     Menghindari perilaku tercela
10. 1  Menjelaskan pengertian  hasud, riya dan aniaya
10. 2  Menyebutkan contoh perilaku  hasud, riya, dan aniaya
10. 3  Menghindari perilaku hasud, riya dan aniaya dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih

11.     Memahami hukum Islam tentang infak, zakat, haji dan wakaf

11. 1   Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan infak, zakat, haji dan wakaf
11. 2   Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan infak, zakat, haji dan wakaf
11. 3   Membiasakan berinfak

Tarikh dan Peradaban Islam

12.     Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah
12. 1   Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
12. 2   Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an

13.  Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
13. 1  Membaca QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
13. 2  Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
13. 3  Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperi terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
14.  Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
14. 1  Membaca QS Al Isra:  26–27 dan QS Al-Baqarah: 177
14. 2  Menjelaskan arti QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
14. 3  Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
Aqidah

15.  Meningkatkan keimanan  kepada Rasul-rasul Allah
15. 1  Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
15. 2  Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
15. 3  Menampilkan perilaku yang mencerminkan  keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
Akhlak

16.  Membiasakan berperilaku terpuji
16. 1  Menjelaskan pengertian  taubat dan raja`
16. 2  Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`
16. 3  Membiasakan perilaku bertaubat dan  raja` dalam kehidupan sehari hari



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Fiqih

17.  Memahami hukum Islam tentang muamalah
17. 1  Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
17. 2  Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
17. 3  Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
Tarikh dan Peradaban Islam

18.  Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan
18. 1  Menjelaskan perkembangan Islam pada  abad pertengahan
18. 2  Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
Al Qur’an

19.  Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
19. 1  Membaca QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
19. 2  Menjelaskan arti QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
19. 3  Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam  QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
Aqidah

20.  Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
20. 1  Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
20. 2  Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Akhlak

21.  Membiasakan perilaku terpuji

21. 1  Menjelaskan pengertian dan maksud  menghargai karya orang lain
21. 2  Menampilkan contoh  perilaku menghargai karya orang lain
21. 3  Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
22.      Menghindari perilaku tercela

22. 1  Menjelaskan pengertian dosa besar
22. 2  Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
22. 3  Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih

23.      Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
23. 1  Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
23. 2  Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
24.      Memahami khutbah, tabligh, dan dakwah
24. 1  Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
24. 2  Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah
24. 3  Memperagakan khutbah, tabligh, dan dakwah
Tarikh dan Peradaban Islam

25.      Memahami perkembangan Islam pada masa modern
25. 1  Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
25. 2  Menunjukkan contoh peristiwa perkembangan Islam masa modern


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Al Qur’an


26.  Memahami ayat–ayat Al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi
26. 1  Membaca QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29
26. 2  Menjelaskan arti QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29
26. 3  Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29

27.  Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang etos kerja
27. 1  Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10
27. 2  Menjelaskan arti QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10
27. 3  Mebiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan QS Al-Jumuah: 9-10

Aqidah


28.  Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
28. 1  Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
28. 2  Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir

Akhlak


29.  Membiasakan perilaku terpuji
29. 1  Menjelaskan pengertian adil, ridla, dan amal shaleh
29. 2  Menampilkan contoh perilaku adil, ridla, dan amal shaleh
29. 3  Membiasakan perilaku adil, ridla, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari

Fiqih


30.  Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga
30. 1  Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
30. 2  Menjelaskan hikmah perkawinan
30. 3  Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia

Tarikh dan Peradaban Islam


31.  Memahami perkembangan Islam di Indonesia
31. 1  Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
31. 2  Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
31. 3  Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia

Al Qur’an

32.  Memahami ayat–ayat Al Qur’an tentang pengembangan IPTEK
32. 1  Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164
32. 2  Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164
32. 3  Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164
Aqidah

33.  Meningkatkan keimanan kepada qadha’ dan qadar
33. 1  Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
33. 2  Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
Akhlak

34.  Membiasakan perilaku terpuji

34. 1  Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
34. 2  Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
34. 3  Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
35.      Menghindari perilaku tercela
35. 1  Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
35. 2  Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
35. 3  Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih

36.      Memahami hukum Islam tentang waris
36. 1  Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris
36. 2  Menjelaskan ketentuan hukum waris di Indonesia
36. 3  Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris di Indonesia
Tarikh dan Peradaban Islam

37. Memahami perkembangan Islam di dunia
37. 1  Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
37. 2  Memberikan contoh perkembangan Islam di dunia
37. 3  Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia



E.    Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Share this games :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang sopan