A. Latar Belakang
Agama
memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi
pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan
bermartabat. Menyadari bahwa peran agama amat penting bagi kehidupan umat
manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah
keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan
keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan
Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta peningkatan
potensi spiritual. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai
perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup
pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan
nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan.
Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi
berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat
dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan agama dimaksudkan
untuk peningkatan potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar menajdi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia. Akhlak mulia mencakup
etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual
mencakup pengamalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta
pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan
potensi spiritual tersebut pada akhirnya
bertujuan pada optimalisasi
berbagai potensi yang dimiliki
manusia yang aktualisasinya mencerminkan
harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan
dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi
untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia,
serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti,
etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun
sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai
dengan jenjang persekolahan yang secara
nasional ditandai dengan ciri-ciri:
1. lebih menitikberatkan pencapaian kompetensi
secara utuh selain penguasaan materi;
2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan
sumber daya pendidikan yang tersedia;
3. memberikan kebebasan yang lebih luas kepada
pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran
sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya pendidikan.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan
standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar
perilaku terpuji dapat dilakukan tidak berurutan. Peran orang tua sangat
penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama
Islam di SMK/MAK bertujuan untuk:
1.
menumbuhkembangkan
akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT;
2.
mewujudkan
manusia Indonesia berakhlak mulia yaitu manusia yang produktif, jujur, adil, etis,
berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), serta
menjaga harmoni secara personal dan sosial.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1.
Al Qur’an dan Hadits
2.
Aqidah
3.
Akhlak
4.
Fiqih
5.
Tarikh dan peradaban Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan
keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah
SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri
sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
|
|
1.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
|
1.
1 Membaca QS Al Baqarah: 30,
Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
1. 2 Menyebutkan arti QS Al
Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
1.
3 Menampilkan perilaku sebagai
khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum:
12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
|
2.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam
beribadah
|
2.
1 Membaca QS Al An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5
2.
2 Menyebutkan arti QS Al An’am:
162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2.
3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam
beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
Aqidah
|
|
3.
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman
sifat-sifatNya dalam Al Asma
|
3.
1
Menyebutkan 10 sifat Allah
dalam Al-Asma al-Husna
3.
2
Menjelaskan arti 10 sifat Allah
dalam Al-Asma al-Husna
3. 3 Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Al-Asma
al-Husna
|
Akhlak
|
|
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.
1
Menyebutkan pengertian perilaku
husnudhan
4.
2
Menyebutkan contoh-contoh
perilaku husnudhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
4. 3 Membiasakan
perilaku husnudhan dalam kehidupan sehari-hari
|
Fiqih
|
|
5.
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah
ibadah
|
5. 1
Menyebutkan pengertian,
kedudukan dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum
Islam
5. 2
Menjelaskan pengertian,
kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
5. 3
Menjelaskan pengertian dan hikmah ibadah
5. 4
Menerapkan hukum taklifi dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
6.
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat
periode Makkah
|
6.
1 Menceritakan sejarah dakwah
Rasulullah SAW periode Mekkah
6.
2 Mendeskripsikan substansi dan
strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
|
Al Qur’an
|
|
7.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
|
7. 1
Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS
Asy Syura: 38
7. 2
Menyebutkan arti QS Ali Imran:
dan QS Asy Syura: 38
7. 3
Menampilkan perilaku hidup
demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran: dan QS Asy Syura: 38 dalam
kehidupan sehari-hari
|
Aqidah
|
|
8.
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
|
8. 1
Menjelaskan tanda-tanda beriman
kepada Malaikat
8. 2
Menampilkan contoh-contoh
perilaku beriman kepada Malaikat
8. 3
Menampilkan perilaku sebagai
cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Akhlak
|
|
9.
Membiasakan perilaku terpuji
|
9.
1 Menjelaskan pengertian adab dalam
berpakaian, berhias, bertamu, menerima tamu, dan bepergian
9.
2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam
berpakaian, berhias, bertamu, menerima tamu, dan bepergian
9.
3 Mempraktikkan adab dalam berpakaian,
berhias, bertamu, menerima tamu, dan bepergian dalam kehidupan sehari-hari
|
10. Menghindari perilaku tercela
|
10.
1 Menjelaskan pengertian hasud, riya dan aniaya
10.
2 Menyebutkan contoh perilaku hasud, riya, dan aniaya
10.
3 Menghindari perilaku hasud, riya dan
aniaya dalam kehidupan sehari-hari
|
Fiqih
|
|
11. Memahami hukum Islam tentang
infak, zakat, haji dan wakaf
|
11. 1
Menjelaskan perundang-undangan
tentang pengelolaan infak, zakat, haji dan wakaf
11.
2 Menyebutkan
contoh-contoh pengelolaan infak, zakat, haji dan wakaf
11. 3 Membiasakan
berinfak
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
12. Memahami keteladanan
Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah
|
12. 1 Menceritakan
sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
12. 2 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
|
|
13. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang kompetisi dalam kebaikan
|
13. 1 Membaca QS Al Baqarah: 148 dan
QS Al-Fatir: 32
13. 2 Menjelaskan arti QS Al
Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
13. 3 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam
kebaikan seperi terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
|
14. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
perintah menyantuni kaum dhuafa
|
14. 1 Membaca QS Al Isra: 26–27 dan QS Al-Baqarah: 177
14. 2 Menjelaskan arti QS Al-Isra:
26-27 dan QS Al Baqarah: 177
14. 3 Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa
seperti terkandung dalam QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
|
Aqidah
|
|
15. Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
|
15. 1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
Rasul-rasul Allah
15. 2 Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman
kepada Rasul-rasul Allah
15. 3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam
kehidupan sehari-hari
|
Akhlak
|
|
16. Membiasakan berperilaku terpuji
|
16. 1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja`
16. 2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat
dan raja`
16. 3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
|
|
17. Memahami hukum Islam tentang
muamalah
|
17. 1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi
dalam Islam
17. 2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam
Islam
17. 3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
18. Memahami perkembangan Islam
pada abad pertengahan
|
18. 1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
18. 2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan
Islam pada abad pertengahan
|
Al Qur’an
|
|
19. Memahami ayat-ayat Al Qur’an
tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
|
19. 1 Membaca QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf:
56-58, dan QS Ash Shad: 27
19. 2 Menjelaskan arti QS Ar Rum: 41- 42, QS
Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
19. 3 Membiasakan perilaku menjaga kelestarian
lingkungan hidup seperti terkandung dalam
QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
Aqidah
|
|
20. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab
Allah
|
20. 1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap Kitab-kitab Allah
20. 2 Menerapkan hikmah beriman kepada
Kitab-kitab Allah
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Akhlak
|
|
21. Membiasakan perilaku terpuji
|
21. 1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
21. 2 Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain
21. 3 Membiasakan perilaku menghargai karya orang
lain dalam kehidupan sehari-hari
|
22. Menghindari
perilaku tercela
|
22. 1 Menjelaskan pengertian dosa besar
22. 2 Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
22. 3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam
kehidupan sehari-hari
|
Fiqih
|
|
23. Memahami ketentuan hukum
Islam tentang pengurusan jenazah
|
23. 1 Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
23. 2 Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
|
24. Memahami khutbah, tabligh, dan
dakwah
|
24. 1 Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh,
dan dakwah
24. 2 Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan
dakwah
24. 3 Memperagakan khutbah, tabligh, dan dakwah
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
25. Memahami perkembangan Islam
pada masa modern
|
25. 1 Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
25. 2 Menunjukkan contoh peristiwa perkembangan
Islam masa modern
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
26. Memahami ayat–ayat Al-Qur’an
tentang anjuran bertoleransi
|
26. 1 Membaca QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41,
dan QS Al-Kahfi: 29
26. 2 Menjelaskan arti QS Al-Kafiruun, QS Yunus:
40-41, dan QS Al-Kahfi: 29
26. 3 Membiasakan perilaku bertoleransi seperti
terkandung dalam QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29
|
|
27. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang etos kerja
|
27. 1 Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah:
9-10
27. 2 Menjelaskan arti QS Al-Mujadalah: 11 dan QS
Al-Jumuah: 9-10
27. 3 Mebiasakan beretos kerja seperti terkandung
dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan QS Al-Jumuah: 9-10
|
|
Aqidah
|
|
|
28. Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
28. 1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap Hari Akhir
28. 2 Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
|
|
Akhlak
|
|
|
29. Membiasakan perilaku terpuji
|
29. 1 Menjelaskan pengertian adil, ridla, dan amal
shaleh
29. 2 Menampilkan contoh perilaku adil, ridla, dan
amal shaleh
29. 3 Membiasakan perilaku adil, ridla, dan amal
shaleh dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Fiqih
|
|
|
30. Memahami hukum Islam tentang
hukum keluarga
|
30. 1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan
dalam Islam
30. 2 Menjelaskan hikmah perkawinan
30. 3 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut
perundang-undangan di Indonesia
|
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
|
31. Memahami perkembangan Islam
di Indonesia
|
31. 1 Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
31. 2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di
Indonesia
31. 3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di
Indonesia
|
|
Al Qur’an
|
|
|
32. Memahami ayat–ayat Al Qur’an
tentang pengembangan IPTEK
|
32. 1 Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164
32. 2 Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
32. 3 Melakukan pengembangan iptek seperti
terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS
Al-Baqarah: 164
|
|
Aqidah
|
|
|
33. Meningkatkan keimanan kepada
qadha’ dan qadar
|
33. 1 Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’
dan qadar
33. 2 Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan
qadar
|
|
Akhlak
|
|
|
34. Membiasakan perilaku terpuji
|
34. 1 Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan
dan kerukunan
34. 2 Menampilkan contoh perilaku persatuan dan
kerukunan
34. 3 Membiasakan perilaku persatuan dan
kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
35. Menghindari perilaku tercela
|
35. 1 Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir,
ghibah, dan fitnah
35. 2 Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir,
ghibah, dan fitnah
35. 3 Menghindari perilaku isyraf, tabzir,
ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Fiqih
|
|
|
36. Memahami hukum Islam tentang
waris
|
36. 1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris
36. 2 Menjelaskan ketentuan hukum waris di
Indonesia
36. 3 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris
di Indonesia
|
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
|
37. Memahami
perkembangan Islam di dunia
|
37. 1 Menjelaskan
perkembangan Islam di dunia
37. 2 Memberikan contoh perkembangan Islam di
dunia
37. 3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di
dunia
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar yang sopan