Usaha

 photo cooltext934587768.png
Home » , , » KERONTOKAN RAMBUT

KERONTOKAN RAMBUT


Rambut menipis adalah hal yang menyeramkan bagi perempuan. Tak hanya perlu perawatan luar, asupan makanan juga penting dijaga. Jika Anda mulai melihat rambut-rambut rontok menumpuk di lantai, bantal, atau lubang air di kamar mandi, sebaiknya Anda mulai mencoba mengasup makanan yang menguatkan serta menjaga kulit kepala Anda. Berikut ini beberapa di antaranya:

Ikan, telur, dan kacang-kacangan
Kandungan paling utama rambut adalah protein. Karena itu, mencoba mengonsumsi protein akan membantu bagi kesehatan rambut. Namun, bukan berarti Anda bisa makan makanan berprotein tinggi sesukanya tanpa melihat kandungan lain. Steak, misalnya, kaya akan protein, tetapi juga tinggi lemak. Lemak yang tinggi akan menambah level testosteron. Hal ini dipercaya bisa menyebabkan rambut rontok. Jadi, steak adalah makanan yang sebaiknya dihindari agar rambut tidak semakin rontok. Pilihlah makanan berprotein yang cukup, seperti ikan-ikanan (yang juga memiliki kandungan lain yang baik untuk tubuh), ayam, hati sapi muda, keju rendah lemak, telur, kacang almon, biji-bijian, dan yoghurt. Susu kedelai dan tahu juga merupakan tambahan makanan yang baik karena kaya akan protein serta rendah lemak jahat.

Kismis
Zat besi memainkan peran penting dalam memproduksi hemoglobin, bagian dari darah yang membawa oksigen ke seluruh organ tubuh dan jaringan. Saat hemoglobin berada dalam level sehat, oksigen disebarkan dengan baik. Ini berarti kulit kepala Anda mendapatkan aliran darah yang sehat dan akan menstimulasi serta membangun rambut sehat. Menambahkan zat besi dalam makanan bukan berarti Anda harus makan hati setiap hari. Anda bisa menambahkan makanan manis, seperti kismis dan jus ceri, yang kaya zat besi.

Telur, kurma, kismis, sayuran berdaun hijau tua, dan sereal gandum utuh juga kaya akan zat besi. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, yang bisa didapatkan dari jeruk, stroberi, dan lemon.

Tauge

Tubuh kita menggunakan zat bernama silika (bukan silica gel untuk penyerap lembab dalam tas) untuk menyerap vitamin dan mineral. Jika tubuh kekurangan silika, asupan vitamin yang Anda masukkan setiap hari tidak akan berguna. Silika bisa didapat dari tauge, kulit ketimun, paprika merah dan hijau, serta kentang.

Merawat rambut tidak mudah bila anda tidak memahami dan mengenali jenis rambut anda. Mulailah anda untuk mengenali jenis rambut anda sehingga anda bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Bila rambut anda berjenis berminyak, ada beberapa penyebab sehingga rambut anda berminyak antara lain karena faktor keturunan, aktivitas hormon yang terlalu tinggi, terlalu sering atau jarang mencuci rambut. Sebaiknya jika anda mempunyai rambut yang berminyak maka gunakan shampo dan conditioner yang ringan. Jangan menggunakan sikat rambut atau memegang rambut terlalu berlebihan karena dapat menstimulasi kelenjar sebum. Sebaiknya anda gunakan sisir biasa daripada sikat rambut.

Rambut anda termasuk dalam kategori kering dan rusak, maka gunakanlah conditioner yang mengandung pelembab. Sebaiknya anda hindari melakukan pengeritingan atau mewarnai rambut hingga rambut anda dalam keadaan baik. Saat menyampo sebaiknya anda gosok rambut dengan lembut pada kulit kepala.

Rambut kombinasi mempunyai ciri, kulit kepala berminyak tetapi ujung rambut kering. Hal ini bisa disebabkan oleh zat kimia keras. Untuk menghindari stimulasi berlebihan kelenjar sebum, gunakan sisir daripada sikat rambut. Gunakan shampo hanya pada kulit kepala dan kondisioner pada ujung rambut serta lakukan pengguntingan pada ujung rambut setiap 6 minggu untuk menghindari pecahnya ujung rambut.

Jenis rambut rontok bisa disebabkan karena proses penuaan, faktor keturunan, perubahan hormon seperti setelah melahirkan, beberapa obat-obatan dapat menyebabkan rambut rontok. Rambut yang rontok pada setiap orang rata-rata 100-200 helai sehari untuk menghindarinya maka sebaiknya jangan terlalu keras dalam menyisir dan mencuci rambut anda.

Untuk mencegah ketombe pada kulit kepala anda sebaiknya gunakan shampo anti ketombe sesering mungkin bila diperlukan dan hentikan saat ketombe berkurang. Jika ketombe tidak hilang dalam 2 minggu atau kulit kepala terasa sakit, gatal atau meradang sebaiknya konsultasikan pada dokter. Hindari menggaruk kulit kepala agar mencegah infeksi.

Sebaiknya bila anda sedang hamil jangan mewarnai ataupun mengeriting rambut karena dapat membahayakan janin anda. Saat hamil bisa terjadi perubahan dimana-mana dan hal ini terjadi dibawah pengaruh hormon kehamilan sehingga sulit diterka reaksi rambut. Pengeritingan bisa tidak berhasil atau berhasil tetapi dapat beresiko obat kimia yang digunakan untuk mengeriting meresap melalui kulit kepala ke aliran darah. Sehingga keamanannya terhadap janin diraguan, bila anda ingin mewarnai atau mengeriting rambut anda sebaiknya lakukan sebelum hamil.

Untuk membantu kondisi rambut anda gizi makanan serta shampo yang baik bisa membantu. BIla rambut anda terlihat kurang sehat sebaiknya potong pendek agar memulihkan rambut anda.


Share this games :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang sopan