Usaha

 photo cooltext934587768.png
Home » » Misteri Shalat shubuh

Misteri Shalat shubuh


Wasiat Nabi Di akhir hayatnya
Shalat adalah pondasi, jika ia baik maka semua amalannya akan baik dan sebaliknya . Amalan yang pertama kali akan dihisab
diantara shalat-shalat yang ada, shalat shubuh adalah yang mengawali hari. Shalat inilah yang paling berat bagi orang-orang munafik.

“Shalat yang paling berat bagi orang-ornag munafik adalah shalat isya’ dan subuh. (HR. Ahmad, Shahih).
ð  Di sana ada perintah dengan sangat jelas unutk melaksanakan shalat-shalat , tetapi di sana shalat shubuh disebut secara khusus. Firman Allah (QS. 78)
“Dan Dirikanlah pula shalat subuh. Sesungguhnya Shalat subuh itu disaksikan oleh malaikat.” Allah mengkhususkan sholat shubuh dengan memberikan pujian yang lebih, yaitu shalat shubuh ini disaksikan oleh malaikat Allah I.  
Sabda Nabi r
  1. “Siapa saja yang shalat al bardain, ia masuk surge” (HR. Al Bukhari dan Muslim). Al Bardain adalah shalat shubuh.
  2. Berilah kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan di kegelapan menuju masjid, bahwa mereka akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.” (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi).
pada zaman salafussholih dahulu, masjid-masjid penuh sesak dengan orang-orang yang menunaikan shalat shubuh seperti tidak ada bedanya dengan saat mereka menunaikan shalat jum’at.
Sepeninggalan mereka, lahirlah generasi-generasi yang tidak mampu mengalahkan kemalasannya, bertekuk lutut dengan rasa takut dan digelincirkan syetan. sehingga masjid, mushalla dan surau-surau menjadi sepi dan hanya beberapa gelintir orang saja. yang  kita temukan kebanyakan mereka yang punggugnya sudah membungkuk, tulang-tulangnya telah rapuh, rambutnya telah memutih dan jarang sekali ada pemuda yang bias kita lihat, kemanakah mereka?
ð  Masjid-masjid merintih dan mengeluh Kepada Allah karena dijauhi oleh mayoritas manusia ketika shalat shubuh dilaksanakan.

Keutamaan Shalat Shubuh
  1. Faktor  dilapangkiannya rizki
Pernah suatu ketika nabi r shalat shubuh, begitu selesai beliau pun kembali ke rumah dan mendapati putrinya Fatimah sedang tidur. maka beliau pun membalikkan tubuhnya dengan kaki beliau, kemudian mengatakan kepadanya, “Hai Fatimah, bangun dan saksikanlah rezki Robbmu, karena Allah I membagi-bagikan rezki para hamba antara Sholat shubuh dan terbitnya matahari.” (HR. Al Munddziri dalam at trghib wa tarhib.
                hal ini bukan berarti orang yang pulanjg shalat subuh berjamaah kantongnya pasti penuh uang, atau setelah terbit matahari berarti terputuslah rizki. tetapi yang dimaksud adalah bahwa ketaatan kepada Allah dengan cara menjaga untuk terus ikut dalam shlat subuh berjamaah secara konsisten, akan mendatangkan taufik dari Allah I sehingga nantinya seorang hamba memperoleh keridhoan dan kelurusan dari robbnya, yang pada gilirannya ia akan menghabiskan sisa harinya dalam pertolongan dan kemudahan dari Allah dalam urusan.  (QS. Ath Tholaq: 2-3) Al A’raf: 96.
bagi para pencari akherat, mereka memilki anggapan kaitannya rizki yang ada di antara shalat subuh hingga terbitnya matahari. mereka melihat diberikannya taufik unutk bias shalat shubuh saja sudah merupakan rizki terbesar. kalau setelah itu ia diberi kemudahan unutk berdzikir setelah shalat shubuh hingga terbitnya matahari, berarti Allah I telah memberikan rizki terbaik kepadanya.
  1. Shalat  Shubuh menjaga diri seorang muslim
Imam Muslim meriwayatkan dalam shohihnya dengan sanadnya sendirik, bahwasanya Rasulullah r bersabda:
“Barang siapa melaksanakan shalat shubuh, maka is berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminanNya  kepada kalian dengan sebab apapun. karena siapa yang Allah cabut jaminan-Nya darinya dengan sebab apapun pasti akan tercabut. kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahannam.”  
Makna berada dalam jaminan Allah adalah dalam lindungan, penjagaan dan pemeliharaanNya.
maka : wahai para pemuda yang takut dirinya terkena fitnah godaan wanita, mulailah harimu dengan shalat shubuh, niscaya engkau dalam lindungan Allah.
Wahai saudaraku yang keluar dari rumah sementrza hatinya khawatir bertemu dengan orang dholim, mulailah harimu dengan shalat shubuh
  1. sshalat shubuh sama dengan shyalat malam semalam suntuk
“Barang siapa melaksanakan shalat isya’ secara berjamaah, maka ia sepereti shalat malam separoh malam. dan barang siapa melaksanakan shalat shubuh secara berjamaah, maka ia seperti shalat malam satu malam suntuk.” (HR. Muslim).
para ulama ada yang memakruhkan begadang hingga larut malam walaupun unutk membaca alquran atau shalat malam jika akan berakibat tidak terlaksananya shalat shubuh dengan baik.
Umar bin Khattab erkatya, :Sungguh, aku bias melaksanakan shalat shubuh sercara berjamaah itu lebih aku sukai dari pada shalat malam semalam suntuk.” (HR. Malik)
tapi jangan salah persepsi (paham) dulu, para salaf yang mulia selalu malaksanakan shalat isya dan shubuh secara berjamaah, tetapi mereka tetap bersemangat taqnpa henti dalam melaksanakan shalat malam.
kisah:
Suatu malam sufyan ats tsauri makan sampai kenyang, maka ia bberkata, “Keledai itu, semakin ditambah pakannya, semakin meningkat daya kerjanya.” lalu beliau shalat malam pada malam itu hingga shubuh.
  1. Shalat shbuh adalah tolok ukur  keimanan
Babiu bersabda,”Batas antara kita denga orang-orang munafik adalah menghadiri shalat isya’ dan subuh, sebab orang-orang munafik tidak sanggup menghhadiri kedua shalat tersebut.”  (HR. Malik).
“Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya’ dan  shubuh. padahal sendainya mereka mengetahui pahala pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan  mendatanginya walaupun harus merangkak.”  (HR. HR. Ahmad).
Ibnu Mas’ud berkatal, “ Kami melaksanakan shalat shubuh bersama nabi r dan tidak ada yang ikut serta selain orang yang sudah jelas kemunafikannya.”
mengapa dua shalat ini menjadi tolok ukur keimanan  dan keikhlasan seorang mukmin?
sebab shalat selain dua shalat ini mudah saja dilakukan setiap orang, mengingat waktunya bertepatan denga suasana beraktivitas dan terjaga. sedangkan shalat shubuh dan isya’ yang mampu memelihara pelaksanaannya secara berjamaah hanyalah orang yang antap dan jujur, yang tidak mengharapkan apa pun selain kebaikan.”
Meskipin demikian, perlu diketahui, ukuran keimanan yang dikapai kaum salaf bukian terbatas pada shalat shubuh saja. tetapi ukuran yang lebih detail lagi. ada kalanyaseorang dari mereka melaksanakan shalat-shalat wajib secara berjamaah, giat shalat malam, menghadiri majlis-majlis ilmu yang langsung disampaikan rasulullah r tetapi ketika kembali kerumahnya, lalu mencium istri misalnya, atau bercengkerama penuh cinta dengan anak-anaknya-padahal ini hal ynag lumrah- ia sudah merasa munafik. kisah: Handholah suatu khari datang kepada Rasulullah r seraya berkata, “Handholah telah berbuat munafik, ya rasulullah!, Nabi bertanya kepadanya, “Apakah kemunafikan handhaolah yang kau maksud?” I amenjawab, “Ketika kami berada disisimu wahai Rasulullah, hati kami terasa tersentuh dan iman kami bertambah. tapi ketaika kami beranjak meninggalkan anda, kami kembali mencintai anak-anak kami dan bergurau dengan istri kami.” maka nabi r bersabda, “Sungguh, sendainya kalian bias memperthankan kondisi kalian ketika sedang  berada di sisiku secatat terus menerus tentu para malaikat akan menyalami  kalian secara langsung, namun ingat wahai handholah, setahap demi setahap.” ( HR. Muslim).  Nasehat.” Jika kita merasa bersemangat saat kondisi berjamaah (bersama) namun malas di saat sendirian maka ketahuilah bahwa ada pemisah antara dirimu dan keikhlasan. maka berusahalah unutk megobatinya.
  1. Shalat Shubuh adalah penyelamat dari neraka
“Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum enggelamnya. (HR. Muslim dan Ahmad.) Yakni memelihara shalat shubuh dan ashar.
  1. Shalat shubuh adalah salah satu penyebab seseorang masuk surge
“Siapa melaksanakan dua shalat bardain (shubuh dan ashar) ia masuk surge.” (HR. Al Bukhari)
disebut bardaian (dua waktu dingin) karena keduanya dilaksanakan pada dua waktu dinginnya siang, tepatnya pada kedua ujung siang, ketika suasana teduh dan tidak ada terik panas.
lalu siapakah yang akan menyambut perniagaan ini,? membayar harga surge dengan dua shalat bardain. ????
Ex.: Orang-orang disekelilingmu ketika mereka membaca iklan di korann-koran tentnag penjaulan sebuah rumah atau barang kali villa, hamper saja mata mereka copot dan hati mereka langsung kerpencut karena sangking ingin mengetahui ruangan2 bertingkat dan kamar2 dari villah itu.  apalagi jika si pemasang iklan menggambarkan bahwa lokasi tersebut dengat pantai dan panorama pemamndangan yang indah, ada taman dan kolam renangdilengkapi dengan garasi mobil lantainya dari marmer dst… lalu bagaimana kjetika Allah menawarkan Kenikmatan surge?????
  1. Shalat sghubuh akan  mendatangkan nikmat berupa melihat wajah Allah
Ini adalah pahala terbaik yang diangankan oleh setiap hati dan jiwa yang merindukannya.
dari sahabat Shuhaib bahwa rasulullah r bersabda, “Apabila penghuni surge telah memasuki surge. Allah I berfirman, “Apakah kalian ingin Aku member tambahan? mereka menjawab, “ bukankah Engkau telah memutihkan wajah-wajah kami? Bukankah Engkau telah memasukkan kami kedalam surge dan Engkau selamatkan kami dari neraka? Rasulullah melanjutkan, “ Kemudian dibukalah tabir, maka tidak ada lagi nikmat yang lebih besar dari pada melihat wajah Robb mereka. inilah nikmat tambahan itu. lalu beliau membaca ayat : Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (jannah) dan tambahannya>” (Yunud:26).
Dari Jabir bin Abdillah ia berkata, “ Ketika kami tengah berada di sisi Nabi r beliau memandang kea rah bulan pernama, lalu bersabda,: “Seseungguhnya kalian akan melihat Rabb Kalian sebagaimana sebagaimana kalian melihat bulan ini atau kalian tidak akan kesusuhan melihatNya. jika kalian sanggaup untuk tidak meninggalkan shlat sebelum terbit matahari dan sebelum tenggelamnya. maka lakukanlah.”’ kemudian beliau membaca ayat ini, “dan bertasbihlah dengan ,memuji Rabbmusebelum terbit matahari dan sebelum tenggelamnya>” (Thoha”30) {HR. Al Bukhari}.
ex…Orang yang merindukan kekasihnya pasti ingin segera bertemu dengannya…walau bagaimanapun caranya…gunung kan ku daki, lautan kan kusebrangi..

`

Share this games :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang sopan