Menemukan buku yang sesuai untuk anak-anak memang tidaklah mudah. Ada faktor psikologis dan sosial yang harus dipertimbangkan saat memilih buku. Pilihan anda tidak boleh tampak terlalu sulit, namun juga jangan terlihat terlalu mudah. Anda bisa melihat dari karakteristik anak anda saat memilihkan buku untuk mereka. Apa yang anak-anak inginkan itulah yang mereka butuhkan. Mulailah dengan apa yang diminati anak-anak. Kemudian temukan buku yang mudah dibaca. Jangan khawatir jika pilihan anak-anak tampak sempit atau tidak beragam, karena tujuan utamanya adalah membuat anak-anak membaca dan menyukainya. Anda harus bijak dalam memilih, jangan memilih buku yang terlalu sulit untuk anak-anak anda. Berbagai genre buku seperti dongeng, klasik, fiksi maupun non fiksi, serta buku cerita lainnya, bisa menjadi pilihan yang dapat membantu anda memilih bacaan yang tepat untuk anak anda, tentunya yang sesuai dengan usia serta minat anak. Asalkan isinya pantas, tidak ada salahnya jika anda memilih komik sebagai salah satu koleksi bacaan bagi anak anda. Karena, fakta menyatakan bahwa gambar membuat komik mudah untuk dibaca.

Berikut kiat-kiat yang bisa anda terapkan demi menumbuhkan minat baca dalam diri anak yang sesuai usia mereka :
  • Bayi
Buat si bayi menikmati sesi pembacaan buku dengan memeluknya di sofa atau berbaring di atas bantal-bantal besar. Pilih buku bergambar wajah (bayi suka memandang wajah) dan menampilkan bentuk-bentuk dasar serta warna primer.
  • Batita
Pilih buku bergambar dengan tema yang disukai anak, seperti truk atau binatang. Batita juga menyukai fitur interaktif seperti jendela di halaman buku. Jangan hanya membacakan buku ketika hendak tidur. Jadikanlah buku sebagai bagian keseharian anak.
  • Balita
Pilih buku berima untuk menanamkan pondasi melafalkan kata. Sambil anda membacakan cerita, diskusikan jalan ceritanya. Buku cerita berseri menjadi pilihan menarik agar anak membangun ikatan dengan tokoh-tokoh di dalam cerita.
  • Usia Sekolah
Meskipun anak telah belajar teknik membaca, teruskan kebiasaan membaca bersama-sama untuk anak. Biarkan dia memilih judul buku favoritnya tetapi kenalkan dia dengan berbagai genre buku, seperti dongeng, klasik, dan non fiksi. Jangan lupa untuk mendiskusikan buku yang sedang dia baca.