Usaha

 photo cooltext934587768.png
Home » » Tentang Surat At Taubah

Tentang Surat At Taubah

Surat At Taubah terdiri atas 129 ayat termasuk golongan surat-surat Madaniyyah. Surat ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad ?Shallallahu ?Alaihi Wa ?Ala Alihi Wa Sallam kembali dari peperangan Tabuk yang terjadi pada tahun 9 H.

Diantara Nama-Nama Surat Ini:

1. Surat ini dinamakan At Taubah yang berarti pengampunan berhubung kata At Taubah berulang kali disebut dalam surat ini.


2. Dinamakan juga dengan Baraa?ah yang berarti berlepas diri yang di sini maksudnya pernyataan pemutusan perhubungan, disebabkan kebanyakan pokok pembicaraannya tentang pernyataan pemutusan perjanjian damai dengan kaum musyrikin.

3. Dinamakan juga dengan Al Faadlihah yang berarti pelecehan dan pembongkaran karena didalam surat ini banyak sekali disinggung dan disebutkan sifat-sifat orang-orang munafik sehingga seakan-akan tidak lagi tersisa salah seorang dari mereka melainkan telah disebutkan di dalamnya.

Di samping ketiga nama yang masyhur itu ada lagi beberapa nama yang lain yang merupakan sifat dari surat ini.

Mengapa Tidak Ditulis Basmalah:

Berlainan dengan surat-surat yang lain, maka pada permulaan surat ini tidak terdapat basmalah, karena beberapa hal:

1. Surat ini adalah pernyataan perang dengan arti bahwa segenap kaum muslimin dikerahkan untuk memerangi seluruh kaum musyrikin, sedangkan basmalah bernafaskan perdamaian dan cinta kasih Allah.

2. Alasan lain mengapa tidak ditulis basmalah adalah karena antara surat Al Anfaal dengan surat At Taubah ada kemiripan dalam kisahnya dan Rasulullah ?Shallallahu ?Alaihi Wa ?Ala Alihi Wa Sallam wafat tanpa menerangkan apakah keduanya satu surat ataukah berbeda, oleh sebab inilah sahabat Utsman bin Affan ?Radhiallahu ?Anhu menggandeng antara keduanya tanpa memisahkannya dengan basmalah.
Share this games :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang sopan